Aksesoris Eksterior Mobil Ajang Pembuktian Jati Diri

Setiap mobil tentunya sudah dilengkapi beragam model, fasilitas, dan fitur yang lengkap yang akan membuat kamu para pengendara nyaman saat mengendarainya. Namun, tidak sedikit dari para pemilik mobil yang melakukan modifikasi dengan menambahkan sejumlah aksesoris eksterior mobil pada mobil mereka agar mobil semakin terlihat keren dan menawan. Salah satu komponen eksterior mobil yang seringkali dimodifikasi adalah bagian velg.

Mengganti velg pada mobil adalah salah satu langkah yang tepat untuk mendongkrak tampilan mobil. Bahkan, modifikasi velg mobil juga dijadikan sebagai ajang pembuktian kemapanan dan jati diri pemilik mobil. Velg mobil layaknya sebuah sepatu, semakin terlihat menarik akan membuat banyak mata melirik.

Tapi tunggu, jangan terburu-buru mengganti velg mobil kamu. Sama dengan prinsip berbelanja barang lainnya, kamu perlu pertimbangan yang matang dalam membeli aksesoris eksterior mobil yang satu ini. Jangan sampai, kamu menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Nah, apa saja pertimbangan pembelian velg ini ini? Yuks simak ulasan berikut!

Kamu Berencana Ganti Velg Aksesoris Eksterior Mobil? Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih!

Penggantian velg tanpa memperhatikan aturan yang benar, bukannya membuat tampilan mobil kamu semakin keren malah akan memunculkan masalah baru. Masalah utama yang bisa ditimbulkan kesalahan mengganti velg adalah sisi kenyamanan yang menurun saat berkendara. Masalh lain yang bisa ditimbulkan adalah pada bagian handling yang akan terasa berbeda. Untuk mencegah hal tersebut, perhatikan beberapa aturan dalam mengganti velg mobil berikut.

  1. Perhatikan Lebar Velg

Modifikasi pada velg memang bisa membuat tampilan mobil kamu menjadi lebih keren. namun jika kamu salah memilih velg maka dapat memberikan sejumlah dampak pada mobil. Hal pertama yang perlu diingat saat memodifikasi velg adalah semakin besar velg maka akan semakin besar pula lebar velgnya.

Velg yang lebar membuat bidang cengkram ban pun semakin besar. Hal ini akan membuat body roll dan gejala understeer meningkatkan. Body roll adalah istilah untuk pergerakan bodi kendaraan ke arah luar tikungan. Sedangkan understeer adalah gejala mobil cenderung lurus walau setir sudah dibelokkan.

  • Perhatikan Diameter Luar Ban yang Akan Dipakai

Mengganti velg yang lebih besar, artinya kamu juga harus mengganti ban dengan diameter yang lebih besar sesuai velg yang kamu pakai. Dalam mengganti ban, sebaiknya kamu memerhatikan aspek rasio ban atau tebal-tipisnya ban. Semakin kecil angka aspect ratio pada ban maka akan semakin tipis ban tersebut.

Begitu juga sebaliknya, bila angka semakin besar maka ban akan semakin tebal. Oleh karena itu, pemilihan ban menjadi cukup penting. Apalagi ketika kamu mengganti velg mobil dengan ukuran diameter lebih besar.

3. Perhatikan Resiko Penggantian Ukuran Velg

Jika kamu mengganti velg dengan diameter yang besar, maka akan membuat kamu harus menggunakan ban dengan angka aspek rasio kecil. Hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan kamu saat berkendara. Sebab, semakin tipis ban, maka kemampuan untuk menyerap getaran menjadi berkurang. Tidak hanya kenyamanan yang berkurang tapi juga bisa memperpendek umur kaki-kaki mobil kamu. Selain itu, diameter ban yang lebih besar, akan membuat beban putar kemudi lebih berat sehingga akan membuat roda gigi kemudi lebih cepat aus. Tidak hanya itu, tie-rod end, ball-joint dan bearing roda juga akan berumur pendek. Velg yang lebih besar dan lebar juga akan membuat titik berat atau titik tumpuan pada roda bergeser.

Itulah tiga aturan yang dapat kamu terapkan ketika ingin mengganti velg mobil, jangan sampai terlewatkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *