Cara Mengendarai Mobil Manual yang Benar

Mobil manual masih digandrungi masyarakat hingga sekarang, tidak kalah dengan mobil matic. Kedua-duanya masih sama-sama eksis di pasaran. Namun, untuk kamu yang pertama kali ingin belajar mobil disarankan untuk belajar mengemudikan mobil manual terlebih dahulu. Mengapa demikian? jika kamu bisa mengendarai mobil manual dengan baik dan benar kamu pun akan lebih mudah dalam mengendarai mobil matic. Karena pada dasarnya mengendarai mobil manual butuh keseimbangan terutama pada bagian gas dan kopling. Hal ini akan membuatmu semakin sigap dan cekatan dalam mengendarai berbagai macam tipe mobil nantinya. Untuk mengetahui cara mengendarai mobil manual yang mudah dan benar, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Empat Kemampuan Dasar Cara Mengendarai Mobil Manual yang Mudah dan Benar

  1. Kenali Terlebih Dahulu Fitur-fitur Mobilmu

Untuk seorang pemula sebagai pengendara mobil hal utama dan tentunya wajib untuk kamu mengerti dan pahami adalah fitur-fitur yang ada di mobilmu sendiri beserta fungsi dan cara pengoperasiannya. Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masing-masing tipe mobil memiliki perbedaan, pun pada bagian fitur dan fungsinya.

Hal ini tidak hanya berlaku pada masing-masing tipe mobil saja, namun setiap brand juga dirancang dengan fitur-fitur yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Jadi, meskipun setipe bisa juga memiliki fitur yang berbeda dengan brand berbeda. Maka dari itu, mengenali fitur mobilmu sendiri sangat penting agar kamu benar-benar hafal dan memahami dalam mengoperasikannya.

  • Belajarlah Sampai Lancar dalam Menyeimbangkan Kopling dan Gas Juga Rem

Keseimbangan dalam menginjak kopling, pedal gas, juga rem ini menjadi kunci utama dalam mengendarai mobil manual. Jika kamu sudah lancar dalam menjaga keseimbangan ketiganya bisa dikatakan kamu sudah bisa mengendarai mobilmu.

Pada saat awal-awal belajar berkendara mungkin ketiga hal ini yang sedikit membutuhkan waktu untuk menguasainya, karena dalam menyeimbangkan ketiganya kamu harus konsentrasi dan memainkan kedua kaki sekaligus tanganmu. Namun, seiring seringnya kamu berlatih, maka akan cepat juga dalam menguasainya. 

  • Belajarlah Memindahkan Gigi atau Perseneleng

Berbeda dengan mobil matic, mobil manual membutuhkan keterampilan juga dalam memindahkan gigi atau perseneling. Oleh karena itu, belajar terlebih dahulu sampai lancar dalam memindahkan gigi mobilmu, agar ketika kamu sudah siap mengendarainya untuk menemani perjalananmu kamu bisa dengan lancar mengoperasikannya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghafalkan bagaimana cara memindahkan persneling mobil mulai dari posisi netra hingga pada angka 1 sampai 5. Lakukan berulang-ulang hingga lancar. Jangan lupa juga pada posisi “R” yang berguna untuk membuat posisi mundur. Dalam memindahkan gigi ini usahakan pada kondisi putaran mesin rendah. Hal ini bertujuan untuk kehati-hatian dan berkendara dengan halus.

  • Belajarlah Memutar Setir Kemudi Hingga Benar-Benar Lancar

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah berlatih memutar setir. Setelah kamu lancar dengan ketiga poin di atas, kamu harus fokus dalam mengontrol kemudi. Hal ini berfungsi untuk mengontrol laju mobilmu pada medan, baik pada saat jalanan lurus ataupun pada saat menghadapi belokan. Ketika hendak berbelok, pastikan putar setir secara halus. Namun, jika kamu merasa belokan mobil kurang menikung kamu boleh menambahkan putaran setirnya. 

Keseluruhan poin-poin di atas harus benar-benar kamu perhatikan ya pada saat mengendarai mobil manual. Apalagi kalau kamu masih pemula, empat kemampuan dasar cara mengendarai mobil manual itu selalu ingat dan implementasikan setiap berkendara. Jika kamu sudah bisa mengetahui cara mudah, sederhana, dan tentunya baik dan benar tersebut seterusnya kamu akan lancar dalam mengendarai mobilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *