Cara Mengendarai Mobil Matic yang Benar!

Menyetir merupakan salah satu kemampuan yang wajib kamu miliki. Menyetir bisa jadi salah satu persyaratan pada lowongan kerja atau juga bisa digunakan pada saat-saat darurat. Menyetir mobil memang tidak semudah menyetir sepeda motor. Akan tetapi, kamu bisa mempelajarinya secara perlahan hingga kamu mahir. Setelah kamu bisa mengajukan Surat Izin Mengemudi atau SIM A untuk mobil dan menyelesaikan tes nya. Yuk simak cara mengendarai mobil matic yang benar. Jangan sampai salah ya.

Dengan begitu kamu sudah bisa menambah salah satu kemampuan dasar pada dirimu. Untuk belajar menyetir mobil kamu bisa mulai dengan mobil manual maupun mobil matic. Pilih jenis mobil mana saja yang pas kamu gunakan. Kedua mobil ini hanya berbeda pada bagian transmisinya saja kok! Namun untuk lebih simpel dan cepat kamu bisa belajar dengan menggunakan mobil matic. Kalau kamu penasaran, kamu bisa cek tulisan di bawah ini soal cara mengendarai mobil matic.

Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Harus Kamu Ketahui

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu ikuti agar bisa mengendarai mobil matic dengan benar. Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama hingga kamu mahir menjalankannya. Berikut adalah cara mengendarai mobil matic dengan baik dan benar.

1. Ketahui Posisi dan Fungsi Gigi

Mobil matic mempunyai pilihan gigi yang berbeda dengan mobil manual. Mobil matic memiliki 6 fungsi gigi dengan kegunaan yang berbeda-beda. Keenam kombinasi gigi tersebut adalah P-N-L-D-2-R. P untuk Park digunakan saat mobil parkir, N untuk Netral digunakan saat mobil perlu berhenti atau berjalan dalam waktu singkat, D untuk Drive digunakan untuk berjalan maju, R untuk Reverse digunakan untuk berjalan mundur, dan L dan 2 untuk jalanan yang menanjak.

Kamu harus menghafalkan fungsi dari masing-masing gigi ini. Selain itu hafalkan posisi gigi dan cara mengarahkannya. Tangan kirimu harus terbiasa dengan hal ini agar berkendara menjadi lebih mudah dan nyaman. Lakukan langkah ini hingga kamu mahir dan lancar memindahkan gigi.

2. Belajar Mengarahkan Kemudi

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah belajar mengarahkan kemudi. Kemudi ini berhubungan langsung dengan ban dan digunakan untuk membelokkan mobil. Saat belajar mengarahkan kemudi kamu harus peka merasakan pergerakan ban dan memperkirakan jarak belokan. Dengan begitu kamu bisa menjalankan mobilnya dengan lancar. Perkiraan jaran belokan dan putar kemudi secara perlahan. Kalau kamu lihat posisi mobil masih kurang berbelok, putar lagi kemudinya. Setelah mobil berjalan menuju posisi yang kamu inginkan dan sudah sejalur dengan garis jalan, banting kemudi ke arah yang berlawanan untuk membuat posisi ban kembali lurus. Lakukan langkah ini hingga kamu mahir.

3. Gunakan Satu Kaki Pada Pedal

Hal terakhir yang bisa kamu ikuti adalah gunakan hanya satu kaki yang dominan. Kalau kamu dominan pada kaki kanan, gunakan hanya kaki itu saja. Saat ingin mulai menjalankan mobil, injak pedal rem. Arahkan tangan kiri ke tuas rem tangan dan turunkan tuas rem. Pindahkan gigi dari P ke N. Lepas injakan pada pedal rem secara perlahan. Dengan begitu mobil akan berjalan dengan sendiri karena ini adalah mobil matic. Namun kecepatannya memang pelan. Kamu tidak perlu menginjak pedal gas dahulu karena kamu masih belajar. Setelah itu belajar untuk mengarahkan kemudi. Kalau sudah mulai mahir, kamu bisa menginjak pedal gas secara perlahan untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Kalau ingin berhenti, kamu tinggal melepas injakan dari pedal gas dan memindahkan kakimu ke pedal rem. Mudah sekali bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *